Bagaimana jika telah masuk shubuh, kita masih dalam keadaan Junub ?

mandiPertanyaan

Seorang bersetubuh di malam Ramadhan sedangkan mandinya di waktu sudah masuk shubuh, apakah puasanya sah ?

Jawaban

Makan sahur dalam keadaan junub, tanpa lebih dahulu mandi atau wudhu adalah makruh. Adapun mengenai puasanya sah jika dia berniat puasa pada malam harinya. Karena sah hukumnya orang berpuasa dalam keadaan junub , tetapi hal itu dimakruhkan, selama ia belum menghilangkan hadats  besarnya.

Karena di sunahkan mandi janabat bagi orang puasa sebelum terbit fajar yaitu sebelum waktu shubuh. Tersebut dalam Nihayatul Muhataj, juz ke III, halaman 178 sebagai berikut:

وَيُسْتَحَبُّ أَنْ يَغْتَسِلَ مِنَالْجَنَابَةِ وَألْحَيْضِ وَالنِّفَاسِ قَبْلَ الْفَجْرِ لِيُؤَدِّيَ الْعِبَادَةَ عَلَى الطَّهَارَةِ وَلِيَخْرُجَ مِنْ خِلاَفِ أَبِى هُرَيْرَةَ الْقَائِلِ بِوُجُوبِهِ

Disunatkan (bagi orang yang berpuasa) bahwa ia mandi dari janabat haid dan nifas sebelum fajar, agar dia menunaikan ibadahnya dalam keadaan suci dan supaya keluar dari khilafnya Abu Hurairah yang mengatakan dengan wajibnya.

Diriwayatkan dari Aisyah dan Ummi Salamah:

أَنَّ النَّبِيِّ صلّى الله عليه وسلّم يُصْبِحُ جُنُبًا مِنْ جِمَاعٍ غَيْرِ احْتِلاَمٍ ثُمَّ يَصُوْمُ فِى رَمَضَانَ

Bahwa Nabi saw, beliau di waktu pagi dalam keadaan junub, tersebab jima’ bukan mimpi, kemudian beliau berpuasa dalam Ramadhan (HR. Al Bukahri dan Muslim)

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


7 − = 4

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>